Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di CSSD dan Laundry RS RSU PURI RAHARJA Denpasar

This event has expired

KERANGKA ACUAN KEGIATAN (KAK)

WORKSHOP NASIONAL 

Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di CSSD dan Laundry

 

  1. Nama/Judul Kegiatan

Workshop “Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di CSSD dan Laundry”

  1. Latar Belakang Kegiatan

Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) merupakan pilar utama dalam menjamin mutu layanan dan keselamatan pasien di fasilitas pelayanan kesehatan. Dua area yang memiliki risiko tinggi dalam mata rantai penularan infeksi adalah Central Sterile Supply Department (CSSD) dan Laundry. CSSD bertanggung jawab untuk menyediakan peralatan medis steril, sementara Laundry mengelola linen yang berpotensi terkontaminasi. Kesalahan prosedur di kedua unit ini dapat secara langsung menyebabkan Healthcare-associated Infections (HAIs).

Sesuai dengan Standar Akreditasi Rumah Sakit yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan melalui KMK No. HK.01.07/MENKES/1596/2024, setiap rumah sakit wajib melaksanakan program PPI secara komprehensif dan terpadu. Standar ini menekankan pentingnya pengelolaan peralatan dan linen yang aman untuk memutus rantai infeksi. Oleh karena itu, peningkatan kompetensi sumber daya manusia yang bertugas di unit CSSD dan Laundry menjadi sebuah keharusan untuk memenuhi standar akreditasi dan melindungi pasien serta petugas kesehatan. Webinar ini diselenggarakan untuk memberikan pemahaman mendalam dan keterampilan praktis mengenai implementasi PPI di unit CSSD dan Laundry sesuai standar terkini.

  1. Tujuan Kegiatan
  2. Tujuan Umum

Setelah mengikuti Workshop ni, peserta mampu menerapkan secara langsung prinsip-prinsip Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) di unit CSSD dan Laundry untuk meningkatkan mutu layanan dan mendukung pemenuhan standar akreditasi di rumah sakit.

  1. Tujuan Khusus Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu untuk:
  1. Menerapkan konsep dasar HAIs dalam identifikasi risiko di lingkungan kerja CSSD dan Laundry di rumah sakit.
  2. Melaksanakan proses dekontaminasi, sterilisasi alat medis, dan pengelolaan linen sesuai dengan alur serta standar yang berlaku di rumah sakit.
  3. Menyusun atau melakukan peninjauan kembali Standar Prosedur Operasional (SPO) PPI di unit CSSD dan Laundry agar selaras dengan standar akreditasi terbaru (KMK No. HK.01.07/MENKES/1596/2024).
  4. Melaksanakan audit dan monitoring internal secara efektif terhadap kepatuhan PPI di unit CSSD dan Laundry menggunakan instrumen praktis yang dapat diterapkan di rumah sakit.
  5. Menyusun laporan hasil audit dan merancang rencana tindak lanjut perbaikan sebagai bagian dari siklus peningkatan mutu berkelanjutan di unit masing-masing.
  1. Jenis/Bentuk Kegiatan: Workshop
  2. Cakupan Kegiatan: Nasional
  3. Jenis Materi: Kesehatan
  4. Metode: Full Online
  5. Sasaran Profesi Peserta
  • Staf dan Kepala Unit CSSD
  • Staf dan Kepala Unit Laundry/Linen
  • Perawat Pencegah dan Pengendali Infeksi (IPCN)
  • Komite/Tim PPI Rumah Sakit
  • Tenaga Sanitasi Lingkungan/Sanitarian
  • Manajemen Rumah Sakit
  • Perawat, Bidan, dan Tenaga Kesehatan lainnya yang terlibat dalam penggunaan alat medis dan linen.
  1. Target/Jumlah Peserta: 50 orang
  2. Bentuk Kegiatan: Workshop In House Training
  3. Nama Lembaga Penyelenggara: IPKP Training dan Consulting & Bapelkes Batam 
  4. Waktu dan Tempat Kegiatan
  • Hari/Tanggal: Minggu, 10 Agustus 2025
  • Waktu: Pukul 08.00 s.d 16.00 WIB
  • Tempat: Via Online
  1. Biaya/Tarif Per Peserta: Rp. 10.000.000,- Ditransfer Ke Rekening Mandiri 1250006214712 atas nama Novita Simbolon
  2. Kontak/PIC Pengusul: 082174003777 (Novita)
  3. Jadwal Kegiatan dan Deskripsi Materi Pembelajaran
Waktu Pelaksanaan Durasi (Menit) Materi Narasumber
08.00 – 08.15 WIB 15 Registrasi Peserta di Room Online Panitia
08.15 – 08.30 WIB 15 Pembukaan MC
08.30 – 09.15 WIB 45 Konsep Dasar HAIs Ns. Novita Simbolon, S.Kep., M.Kep, CIPP, FISQua
09.15 – 10.00 WIB 45 Pemrosesan/Dekontaminasi Alat Ns. Novita Simbolon, S.Kep., M.Kep, CIPP, FISQua
10.00 – 10.15 WIB 15 BREAK
10.15 – 11.00 WIB 45 PPI di CSSD Ns. Novita Simbolon, S.Kep., M.Kep, CIPP, FISQua
11.00 – 11.45 WIB 45 Audit/Monitoring PPI ke CSSD serta Laporannya Ns. Novita Simbolon, S.Kep., M.Kep, CIPP, FISQua
11.45 – 13.00 WIB 75 ISHOMA
13.00 – 13.45 WIB 45 Pengelolaan Linen dan Laundry Ns. Novita Simbolon, S.Kep., M.Kep, CIPP, FISQua
13.45 – 14.30 WIB 45 PPI di Laundry Ns. Novita Simbolon, S.Kep., M.Kep, CIPP, FISQua
14.30 – 14.45 WIB 15 BREAK
14.45 – 15.30 WIB 45 Audit/Monitoring PPI ke Laundry serta Laporannya Ns. Novita Simbolon, S.Kep., M.Kep, CIPP, FISQua
15.30 – 16.00 WIB 30 Diskusi, Tanya Jawab, dan Penutupan Panitia

 

  1. CV Narasumber
  • Nama: Ns. Novita Simbolon, S.Kep., M.Kep, CIPP, FISQua
  • NIK: 2171036211760004
  • Jenis Profesi: Perawat Pencegah dan Pengendali Infeksi (IPCN)
  • Institusi: RS Awal Bros Batam
  • Jenis Kelamin: Perempuan
  • Tempat dan Tanggal Lahir: Siantar, 22 November 1976
  • Riwayat Pendidikan: S2 Manajemen Keperawatan, Universitas Andalas (2019)
  • Nomor HP: 082174003777
  • Pengalaman Bekerja Terkait Materi:
    • IPCN: 2007 – sekarang
    • Komite PPI: 2007 – sekarang
    • Perawat Bedah: 1999 – 2007
  • Pengalaman Sebagai Narasumber:
    • Narasumber Pelatihan IPCN di berbagai lembaga
    • Narasumber Pelatihan PPI Dasar dan Lanjutan di berbagai lembaga
    • Narasumber berbagai seminar keperawatan
  1. Fasilitas 
  • Sertifikasi LMS Satu Sehat 
  • SKP Sesuai Profesi
  • E-Materi
  • Rekaman Pelatihan
  • Monitoring Rencana Tindak Lanjut Pasca Pelatihan 1 bulan
  • Aplikasi Monitoring PPI

Demikian Kerangka Acuan Kegiatan (KAK) ini kami sampaikan untuk menjadi pedoman bersama. Apabila diperlukan informasi lebih lanjut terkait penyelenggaraan kegiatan, Bapak/Ibu dapat menghubungi narahubung kami pada kontak di bawah ini.

Kontak Penyelenggara:

  • Telepon/WhatsApp: Andi 0821-7400-2777 atau Novita 0821-7400-4377
  • Email: admin@ipkp.co.id

Besar harapan kami atas kepercayaan Bapak/Ibu dalam kegiatan ini. Atas perhatiannya, kami sampaikan terima kasih.

 

Batam, 7 Juli 2025

 

Andi Sukriadi

Manager Marketing & Umum IPKP Training

082174002777

Start Time

10:00

Agustus 10, 2025

Finish Time

16:00

Agustus 10, 2025

Address

Via Online

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *