Assessment tool on infection prevention and control minimum requirements for tertiary health care facilities WHO/UHL/IHS/IPC/2023.5 © WHO 2023
Catatan :1
- “Disarankan menggunakan laptop atau PC untuk pengisian yang optimal. Klik tanda catatan kaki (angka) untuk penjelasan tambahan. Jika catatan kaki terpotong, silakan lebarkan kolom tabel.”
- Anda dapat membaca Penjelelasan Pertanyaan dengan klik tombol catatan kaki berwarna biru pada pertanyaan.
Alat asesmen persyaratan minimum pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI) untuk fasilitas pelayanan kesehatan tersier
Komponen inti 1. Program PPI
Pertanyaan | Ya | Tidak | Komentar |
---|---|---|---|
1. Apakah fasilitas Anda memiliki program PPI?
Program PPI harus memiliki tujuan yang jelas berdasarkan epidemiologi lokal dan prioritas sesuai dengan penilaian risiko, serta fungsi dan kegiatan yang terdefinisi yang selaras dan berkontribusi terhadap pencegahan infeksi terkait pelayanan kesehatan dan resistensi antimikroba dalam pelayanan kesehatan. Program ini juga harus mencakup profesional PPI yang berdedikasi dan terlatih. Lihat Pedoman WHO tentang komponen inti program PPI di tingkat fasilitas pelayanan kesehatan nasional dan akut untuk informasi lebih lanjut (https://iris.who.int/handle/10665/251730, diakses 17 Oktober 2023)
|
|||
2. Apakah ada setidaknya satu titik fokus PPI terlatih purnawaktu per 250 tempat tidur yang bertanggung jawab atas kegiatan PPI?
Sesuai rekomendasi rasio 1:250 tempat tidur dengan waktu khusus untuk melaksanakan kegiatan PPI di semua fasilitas (misalnya, jika fasilitas memiliki 120 tempat tidur, maka 50% petugas khusus setara purnawaktu).
|
|||
3. Apakah ada anggaran khusus yang dialokasikan untuk program PPI (mencakup kegiatan PPI, termasuk gaji)? | |||
4. Apakah fasilitas Anda memiliki komite PPI
Komite PPI adalah kelompok multidisiplin dengan pemangku kepentingan terkait di seluruh fasilitas, yang berinteraksi dan memberi nasihat kepada tim PPI. Tim PPI mencakup profesional PPI berdedikasi yang bertanggung jawab atas program PPI.
yang secara aktif mendukung tim PPI? |
|||
5. Apakah fasilitas Anda memiliki dukungan laboratorium mikrobiologi (baik di lokasi maupun di luar lokasi)? |
Komponen inti 2. Pedoman PPI
Pertanyaan | Ya | Tidak | Komentar |
---|---|---|---|
1. Apakah fasilitas Anda memiliki prosedur operasional standar (SOP)/pedoman yang diadaptasi/dikembangkan secara lokal yang membahas SEMUA
“Ya” didefinisikan memiliki SOP/pedoman untuk semua elemen PPI yang tercantum. Jika ada satu elemen yang tidak ada/tersedia, maka jawabannya adalah “tidak”.
tindakan PPI berikut:
|
|||
2. Apakah fasilitas Anda memiliki SOP/pedoman terperinci yang diadaptasi/dikembangkan secara lokal yang membahas SEMUA
“Ya” didefinisikan memiliki SOP/pedoman untuk semua elemen PPI yang tercantum. Jika ada satu elemen yang tidak ada/tersedia, maka jawabannya adalah “tidak”.
tindakan PPI berikut:
|
|||
3. Apakah SOP/pedoman di fasilitas Anda didasarkan pada pedoman nasional atau internasional (jika ada)? | |||
4. Apakah Anda secara teratur (misalnya, sekali per tahun) memantau implementasi setidaknya beberapa
“Beberapa” didefinisikan sebagai setidaknya dua atau lebih SOP PPI yang dipantau secara teratur.
SOP/pedoman PPI di fasilitas Anda? |
Komponen inti 3. Pendidikan dan pelatihan PPI
Pertanyaan | Ya | Tidak | Komentar |
---|---|---|---|
1. Apakah semua petugas kesehatan dan perawatan lini depan yang baru menerima pendidikan dan pelatihan tentang SOP/pedoman PPI saat mulai bekerja dan setidaknya setiap tahun? | |||
2. Apakah semua staf kebersihan yang baru menerima pendidikan dan pelatihan tentang SOP/pedoman PPI saat mulai bekerja dan setidaknya setiap tahun? | |||
3. Apakah semua staf PPI di fasilitas Anda menerima pelatihan PPI khusus
Pelatihan PPI khusus harus mencakup, namun tidak terbatas pada, epidemiologi dasar, surveilans, praktik PPI, dan penggunaan alat yang sesuai untuk penilaian dan pemantauan.
? |
Komponen inti 4: Surveilans infeksi terkait layanan kesehatan
Pertanyaan | Ya | Tidak | Komentar |
---|---|---|---|
1. Apakah surveilans infeksi terkait layanan kesehatan dilakukan sesuai dengan rencana nasional, termasuk data resistensi antimikroba? | |||
2. Apakah fasilitas Anda memiliki personel yang bertanggung jawab atas kegiatan surveilans? | |||
3. Apakah para profesional yang bertanggung jawab atas kegiatan surveilans telah dilatih tentang epidemiologi dasar, surveilans, dan PPI (yaitu, kapasitas untuk mengawasi metode surveilans, pengelolaan data, dan interpretasi)? | |||
4. Apakah Anda melakukan latihan prioritas untuk menentukan infeksi terkait layanan kesehatan yang akan menjadi target surveilans sesuai dengan konteks lokal (yaitu, mengidentifikasi infeksi yang menjadi penyebab utama morbiditas dan mortalitas di fasilitas
Misalnya, di fasilitas yang memiliki banyak pasien dengan infeksi saluran kemih terkait kateter, surveilans untuk infeksi ini akan menjadi prioritas.
)? |
|||
5. Apakah Anda menggunakan metode yang sesuai (yaitu, sesuai dengan standar nasional atau internasional) untuk surveilans infeksi terkait layanan kesehatan? | |||
6. Apakah fasilitas Anda memiliki struktur pendukung dan sumber daya pendukung
Sumber daya pendukung meliputi, namun tidak terbatas pada, ketersediaan formulir pengumpulan data, perangkat lunak, dan akses ke internet.
untuk mendukung surveilans infeksi terkait layanan kesehatan? |
|||
7. Apakah Anda memberikan umpan balik yang tepat waktu dan teratur (misalnya, setiap triwulan/setengah tahun/tahunan) kepada pemangku kepentingan utama, khususnya manajemen rumah sakit dan administrasi senior, untuk mengarah pada tindakan yang tepat? |
Komponen inti 5: Strategi multimodal untuk implementasi PPI
Pertanyaan | Ya | Tidak | Komentar |
---|---|---|---|
1. Apakah Anda menggunakan strategi multimodal
Strategi multimodal adalah pendekatan yang menggabungkan beberapa komponen untuk mengatasi masalah tertentu. Dalam konteks PPI, ini berarti menggunakan kombinasi intervensi (misalnya, pendidikan, pemantauan, umpan balik, dan ketersediaan produk) untuk meningkatkan kepatuhan terhadap praktik PPI.
untuk mengimplementasikan semua intervensi PPI termasuk:
|
Komponen inti 6: Pemantauan/audit praktik PPI dan umpan balik
Pertanyaan | Ya | Tidak | Komentar |
---|---|---|---|
1. Apakah fasilitas Anda melakukan pemantauan praktik dan indikator PPI secara berkala atau berkelanjutan sesuai dengan prioritas lokal? | |||
2. Apakah Anda memiliki personel terlatih yang bertanggung jawab untuk melakukan pemantauan PPI? | |||
3. Apakah kepatuhan kebersihan tangan dipantau sebagai indikator proses di fasilitas Anda? | |||
4. Apakah Anda memberikan umpan balik yang tepat waktu dan teratur tentang data pemantauan PPI
Umpan balik harus spesifik, tepat waktu, dan konstruktif, dan harus diberikan kepada individu atau tim yang relevan.
kepada pemangku kepentingan utama, khususnya manajemen rumah sakit dan administrasi senior, untuk mengarah pada tindakan yang tepat? |
Komponen inti 7: Beban kerja, staf, dan tingkat hunian tempat tidur
Pertanyaan | Ya | Tidak | Komentar |
---|---|---|---|
1. Apakah ada sistem yang diterapkan untuk mengurangi kepadatan
Kepadatan adalah kondisi di mana jumlah pasien melebihi kapasitas fisik atau operasional fasilitas, yang dapat menyebabkan penundaan dalam perawatan, peningkatan risiko infeksi, dan penurunan kualitas perawatan.
sesuai dengan pedoman/SOP yang ada? |
|||
2. Apakah tingkat staf dinilai di fasilitas Anda untuk memastikan bahwa mereka sesuai dengan beban kerja pasien, menggunakan alat WHO dan/atau nasional (norma nasional rasio pasien/staf)
Alat WHO untuk menilai rasio pasien/staf dapat ditemukan di https://www.who.int/publications/i/item/9789240059532 (diakses 17 Oktober 2023).
? |
|||
3. Apakah ada sistem yang diterapkan di fasilitas Anda untuk meningkatkan tingkat staf jika dianggap terlalu rendah
Misalnya, penambahan staf sementara, realokasi staf dari area lain, atau penundaan penerimaan pasien baru.
sesuai dengan penilaian? |
|||
4. Apakah ada sistem yang diterapkan di fasilitas Anda untuk menetapkan kapasitas tempat tidur standar untuk fasilitas tersebut? | |||
5. Apakah administrasi rumah sakit menerapkan sistem untuk mengelola penggunaan ruang ketika kapasitas tempat tidur standar yang dirancang terlampaui? | |||
6. Apakah tingkat hunian tempat tidur di fasilitas dijaga satu pasien per tempat tidur? | |||
7. Apakah jarak yang memadai lebih dari 1 meter antara tempat tidur pasien dipastikan di fasilitas Anda? |
Komponen inti 8: Lingkungan terbangun, bahan, dan peralatan untuk PPI di tingkat fasilitas
Pertanyaan | Ya | Tidak | Komentar |
---|---|---|---|
Air | |||
1. Apakah kuantitas air yang aman dan memadai
“Memadai” berarti jumlah yang cukup untuk memenuhi semua kebutuhan PPI, termasuk kebersihan tangan, pembersihan, disinfeksi, dan sterilisasi.
tersedia untuk semua tindakan PPI yang diperlukan dan kegiatan medis spesifik, termasuk untuk minum, dan dialirkan melalui pipa di dalam fasilitas setiap saat – minimal ke bangsal berisiko tinggi (misalnya; bangsal bersalin; ruang operasi/s; unit perawatan intensif)? |
|||
Fasilitas kebersihan tangan dan sanitasi | |||
2. Apakah stasiun kebersihan tangan yang berfungsi (yaitu; dengan larutan pembersih tangan berbasis alkohol; sabun; air dan handuk sekali pakai bersih atau; jika tidak tersedia; handuk yang dapat digunakan kembali bersih) tersedia di SEMUA titik perawatan dan area layanan
“Titik perawatan dan area layanan” mencakup, namun tidak terbatas pada, bangsal pasien, ruang operasi, unit perawatan intensif, unit gawat darurat, klinik rawat jalan, laboratorium, dan area pemrosesan instrumen.
? |
|||
3. Apakah stasiun kebersihan tangan yang berfungsi tersedia dalam jarak 5 meter dari toilet (setidaknya dengan sabun; air dan handuk sekali pakai bersih atau; jika tidak tersedia; handuk yang dapat digunakan kembali bersih)? | |||
4. Apakah ada minimal dua fasilitas sanitasi yang berfungsi; ditingkatkan; dilengkapi dengan fasilitas kebersihan menstruasi; tersedia untuk pengaturan rawat jalan dan satu per 20 pengguna untuk pengaturan rawat inap
Ini adalah standar minimum yang direkomendasikan oleh WHO. Fasilitas harus berusaha untuk melampaui standar ini jika memungkinkan.
? |
|||
Pasokan listrik; ventilasi dan pembersihan | |||
5. Apakah ada pasokan energi/listrik yang memadai
“Memadai” berarti jumlah yang cukup untuk memenuhi semua kebutuhan PPI, termasuk kebersihan tangan, pembersihan, disinfeksi, dan sterilisasi.
dan andal tersedia untuk melakukan semua praktik PPI
Praktik PPI meliputi, namun tidak terbatas pada, sterilisasi peralatan, pendinginan vaksin, dan pengoperasian ventilasi.
? |
|||
6. Apakah listrik yang handal tersedia untuk menyediakan penerangan ke area klinis untuk menyediakan perawatan yang berkelanjutan dan aman; minimal ke bangsal berisiko tinggi (misalnya; bangsal bersalin; ruang operasi/s; unit perawatan intensif)? | |||
7. Apakah ventilasi lingkungan yang berfungsi
Ventilasi lingkungan yang berfungsi adalah penting untuk mengendalikan penularan patogen melalui udara. Ini dapat dicapai melalui ventilasi alami (misalnya, jendela yang dapat dibuka) atau mekanis (misalnya, sistem HVAC).
(alami atau mekanis) tersedia di area perawatan pasien? |
|||
8. Apakah ada bahan yang memadai
“Memadai” berarti jumlah yang cukup untuk memenuhi semua kebutuhan PPI, termasuk kebersihan tangan, pembersihan, disinfeksi, dan sterilisasi.
dan sesuai tersedia untuk pembersihan dan disinfeksi (misalnya; berbagai jenis disinfektan; deterjen; pel; ember; dll.)? |
|||
Penempatan pasien dan alat pelindung diri di fasilitas layanan kesehatan | |||
9. Apakah Anda memiliki ruang isolasi tunggal yang memadai atau setidaknya satu ruang untuk pengelompokan
Kohorting adalah penempatan pasien dengan patogen yang sama atau sindrom yang sama di area yang sama untuk membatasi penularan.
/pemisahan fisik pasien dengan patogen atau sindrom serupa jika jumlah ruang isolasi tidak mencukupi
“Tidak mencukupi” berarti jumlah ruang isolasi tidak memadai untuk menampung semua pasien yang membutuhkan isolasi.
(misalnya; tuberkulosis; campak; kolera; Ebola; sindrom pernapasan akut parah)
Ini adalah contoh patogen atau sindrom yang memerlukan isolasi atau kohorting.
? |
|||
10. Apakah alat pelindung diri tersedia dalam kuantitas yang memadai untuk penggunaan yang tepat dalam melakukan semua praktik PPI untuk semua petugas kesehatan dan perawatan? | |||
Pengelolaan limbah medis dan limbah cair | |||
11. Apakah Anda memiliki wadah pengumpul limbah yang berfungsi memadai untuk limbah non-infeksius (umum); limbah infeksius dan limbah benda tajam dalam jarak dekat ke semua titik penghasil limbah? | |||
12. Apakah limbah diolah dan dibuang dengan aman melalui autoklaf; insinerasi (850 hingga 1100 C); dan/atau dikubur di lubang yang dilapisi; terlindungi? | |||
Dekontaminasi dan sterilisasi | |||
13. Apakah fasilitas kesehatan Anda menyediakan area dekontaminasi khusus dan/atau departemen pasokan steril (baik di lokasi maupun di luar lokasi dan dioperasikan oleh layanan manajemen dekontaminasi berlisensi) untuk dekontaminasi dan sterilisasi perangkat medis dan barang/peralatan lainnya? | |||
14. Apakah Anda memiliki peralatan steril dan didisinfeksi yang siap digunakan secara handal? |
Interpretasi
Hitung total jawaban “Ya” Anda secara keseluruhan dan untuk setiap komponen inti. Total skor 45 (100%) berarti Anda telah mencapai semua persyaratan minimum untuk PPI di tingkat perawatan tersier. Jika skor Anda kurang, ini berarti Anda belum mencapai semua persyaratan minimum. Tinjau area yang diidentifikasi oleh evaluasi ini sebagai area yang membutuhkan perbaikan di fasilitas Anda dan kembangkan rencana tindakan untuk mengatasinya. Untuk melakukan tugas ini, konsultasikan dengan manual praktis sementara WHO *Improving infection prevention and control at the health facility level*, yang akan memberikan Anda panduan, templat, kiat, dan contoh dari seluruh dunia, serta daftar alat peningkatan PPI yang relevan. Simpan salinan asesmen ini untuk dibandingkan dengan penggunaan berulang di masa mendatang.
Menambahkan subtotal skor
Komponen inti | Total jawaban ‘Ya’ |
---|---|
1. Program PPI | / 5 |
2. Pedoman PPI | / 4 |
3. Pendidikan dan pelatihan PPI | / 3 |
4. Surveilans infeksi terkait layanan kesehatan | / 7 |
5. Strategi multimodal | / 1 |
6. Pemantauan/audit praktik PPI dan umpan balik | / 4 |
7. Beban kerja, staf, dan tingkat hunian tempat tidur | / 7 |
8. Lingkungan terbangun, bahan, dan peralatan untuk PPI di tingkat fasilitas | / 14 |
Total skor akhir | / 45 |
Tindak Lanjut Peningkatan NIlai Kompenen 1-8
Pelajari Apa yang dimaksud dengan masing masing Komponen sesuai dengan Standar akreditasi NOMOR HK.01.07/MENKES/1596/2024.
Penjelasan Komponen inti
- Komponen Inti 1 : Program PPI
- Komponen Inti 2 : Pedoman PPI
- Komponen Inti 3 : Pendidikan dan Pelatihan PPI
- Komponen Inti 4 : Surveilens Infeksi Terkait Pelayanan Kesehaatan
- Komponen Inti 5 : Strategi Multi Modal
- Komponen Inti 6 : Pemantauan /Audit Praktek PPI dan Umpan Balik
- Komponen Inti 7 : Beban Kerja, Staf dan tingkat Hunian Tidur
- Komponen Inti 8 : Lingkungan Terbangun, bahan dan peralatan untuk PPI di tingkat Fasilitas