KERANGKA ACUAN KEGIATAN
PELATIHAN AKREDITASI RUMAH SAKIT DAN JCI BERBASIS DIGITAL LEARNING UNTUK TENAGA DIKLAT RS
I. PENDAHULUAN
- Latar Belakang: * Pentingnya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit dan keselamatan pasien.
- Perlunya tenaga diklat RS yang kompeten dalam mengelola dan melaksanakan pelatihan berbasis standar akreditasi, termasuk JCI.
- Kebutuhan tenaga diklat RS untuk menguasai teknologi informasi dalam pengembangan dan pengelolaan web diklat berbasis Learning Management System (LMS).
- Tujuan: * Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga diklat RS di bidang akreditasi rumah sakit dan standar JCI.
- Memberikan kemampuan kepada tenaga diklat RS dalam mengembangkan dan mengelola web diklat berbasis LMS menggunakan Google Sites dan produk Google lainnya.
- Manfaat: * Tersedianya tenaga diklat RS yang kompeten dalam mendukung peningkatan mutu pelayanan rumah sakit.
- Terwujudnya sistem pengelolaan diklat RS yang efektif dan efisien berbasis teknologi informasi.
II. MATERI PELATIHAN
- Modul Akreditasi Rumah Sakit:
- Kebijakan dan Standar Akreditasi RS terkini (misal: KMK No. HK.01.07/MENKES/1596/2024)
- Training Need Analysis (TNA)
- Penyusunan Program DIKLAT Tahunan
- Pengembangan Kurikulum dan Modul Pelatihan
- Penjadwalan dan Pengelolaan Pelatihan Internal dan Eksternal
- Sistem Sertifikasi Pelatihan
- Monitoring dan Evaluasi Pelatihan
- Penyusunan Laporan DIKLAT
- Modul JCI:
- Overview Standar Akreditasi JCI
- Implementasi Standar JCI di RS
- Tracer Methodology dan Simulasi
- Persiapan Survey Akreditasi JCI
- Modul Digital Learning:
- Pengenalan Learning Management System (LMS)
- Pemanfaatan Google Sites untuk Pembuatan Web Diklat
- Integrasi Produk Google ( Google Form, Google Classroom, Google Drive dll.) dalam Web Diklat
- Pengelolaan Konten dan Peserta Diklat di Web
- Strategi Pembelajaran Online yang Efektif
III. KOMPETENSI PESERTA
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu:
- Kompetensi Terkait Akreditasi:
- Memahami regulasi dan standar akreditasi rumah sakit terkini.
- Melakukan Training Need Analysis (TNA) berbasis standar akreditasi.
- Merancang program dan kurikulum diklat yang selaras dengan standar akreditasi.
- Mengembangkan modul pelatihan yang efektif dan terstruktur.
- Melaksanakan dan mengelola kegiatan diklat sesuai standar akreditasi.
- Melakukan monitoring dan evaluasi program diklat.
- Menyusun laporan diklat yang komprehensif dan terstandarisasi.
- Memahami proses dan tahapan akreditasi rumah sakit.
- Melakukan survei internal dan simulasi akreditasi.
- Kompetensi Terkait Pengembangan Diklat:
- Menguasai konsep dan prinsip digital learning.
- Merancang bangun sistem diklat berbasis digital learning.
- Mengembangkan konten pembelajaran online yang interaktif dan efektif.
- Memanfaatkan Google Sites dan produk Google lainnya untuk pembuatan dan pengelolaan web diklat.
- Melakukan assessment dan evaluasi pembelajaran online.
- Menerapkan strategi pembelajaran online yang inovatif.
- Melakukan akreditasi pelatihan.
IV. METODE PELATIHAN
- Pemaparan materi
- Diskusi dan studi kasus
- Praktik langsung pengembangan web diklat
- Project based learning
V. PESERTA
- Tenaga Diklat RS (minimal … orang, maksimal … orang)
VI. JADWAL KEGIATAN
Hari | Waktu | Materi | Metode | Narasumber |
---|---|---|---|---|
Hari 1 | 08.00 – 08.30 | Pembukaan | Sambutan, Perkenalan, Ice Breaking | Panitia & Narasumber |
08.30 – 10.00 | Kebijakan dan Standar Akreditasi RS | Pemaparan, Diskusi | Narasumber 1 | |
10.00 – 10.30 | Coffee Break | |||
10.30 – 12.00 | Training Need Analysis (TNA) | Pemaparan, Studi Kasus | Narasumber 1 | |
12.00 – 13.00 | Lunch Break | |||
13.00 – 15.00 | Penyusunan Program DIKLAT Tahunan | Pemaparan, Praktik | Narasumber 1 | |
15.00 – 15.30 | Coffee Break | |||
15.30 – 17.00 | Overview Standar Akreditasi JCI | Pemaparan, Diskusi | Narasumber 2 | |
Hari 2 | 08.00 – 10.00 | Implementasi Standar JCI di RS | Pemaparan, Studi Kasus | Narasumber 2 |
10.00 – 10.30 | Coffee Break | |||
10.30 – 12.00 | Tracer Methodology dan Simulasi | Pemaparan, Role Play | Narasumber 2 | |
12.00 – 13.00 | Lunch Break | |||
13.00 – 15.00 | Pengenalan Learning Management System (LMS) | Pemaparan, Diskusi | Narasumber 3 | |
15.00 – 15.30 | Coffee Break | |||
15.30 – 17.00 | Pemanfaatan Google Sites untuk Pembuatan Web Diklat | Pemaparan, Demo | Narasumber 3 | |
Hari 3 | 08.00 – 10.00 | Praktik Pembuatan Web Diklat | Hands-on | Narasumber 3 & Tim IT |
10.00 – 10.30 | Coffee Break | |||
10.30 – 12.00 | Integrasi Produk Google dalam Web Diklat | Pemaparan, Praktik | Narasumber 3 | |
12.00 – 13.00 | Lunch Break | |||
13.00 – 15.00 | Pengelolaan Konten dan Peserta Diklat di Web | Pemaparan, Diskusi | Narasumber 3 | |
15.00 – 15.30 | Coffee Break | |||
15.30 – 16.30 | Strategi Pembelajaran Online yang Efektif | Pemaparan, Sharing Session | Narasumber 3 | |
16.30 – 17.00 | Penutup & Evaluasi | Panitia & Narasumber |
Ekspor ke Spreadsheet
VII. WAKTU DAN TEMPAT
- Durasi: … hari (disesuaikan dengan materi)
- Tempat: Ruang pelatihan di RS atau tempat lain yang kondusif
VIII. ANGGARAN BIAYA
- Biaya dapat dihitung berdasarkan:
- Honorarium narasumber/fasilitator
- Sewa tempat (jika diperlukan)
- Konsumsi peserta
- Bahan pelatihan (modul, ATK, dll.)
- Sertifikat
- Biaya operasional lainnya
IX. PENUTUP
Demikian KAK pelatihan ini disusun sebagai acuan pelaksanaan kegiatan.