HomeBlogBimbingan Staf DIKLAT RS

Bimbingan Staf DIKLAT RS

KERANGKA ACUAN KEGIATAN

PELATIHAN AKREDITASI RUMAH SAKIT DAN JCI BERBASIS DIGITAL LEARNING UNTUK TENAGA DIKLAT RS

I. PENDAHULUAN

  • Latar Belakang: * Pentingnya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit dan keselamatan pasien.
    • Perlunya tenaga diklat RS yang kompeten dalam mengelola dan melaksanakan pelatihan berbasis standar akreditasi, termasuk JCI.
    • Kebutuhan tenaga diklat RS untuk menguasai teknologi informasi dalam pengembangan dan pengelolaan web diklat berbasis Learning Management System (LMS).
  • Tujuan: * Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga diklat RS di bidang akreditasi rumah sakit dan standar JCI.
    • Memberikan kemampuan kepada tenaga diklat RS dalam mengembangkan dan mengelola web diklat berbasis LMS menggunakan Google Sites dan produk Google lainnya.
  • Manfaat: * Tersedianya tenaga diklat RS yang kompeten dalam mendukung peningkatan mutu pelayanan rumah sakit.
    • Terwujudnya sistem pengelolaan diklat RS yang efektif dan efisien berbasis teknologi informasi.

II. MATERI PELATIHAN

  • Modul Akreditasi Rumah Sakit:
    • Kebijakan dan Standar Akreditasi RS terkini (misal: KMK No. HK.01.07/MENKES/1596/2024)
    • Training Need Analysis (TNA)
    • Penyusunan Program DIKLAT Tahunan
    • Pengembangan Kurikulum dan Modul Pelatihan
    • Penjadwalan dan Pengelolaan Pelatihan Internal dan Eksternal
    • Sistem Sertifikasi Pelatihan
    • Monitoring dan Evaluasi Pelatihan
    • Penyusunan Laporan DIKLAT
  • Modul JCI:
    • Overview Standar Akreditasi JCI
    • Implementasi Standar JCI di RS
    • Tracer Methodology dan Simulasi
    • Persiapan Survey Akreditasi JCI
  • Modul Digital Learning:
    • Pengenalan Learning Management System (LMS)
    • Pemanfaatan Google Sites untuk Pembuatan Web Diklat
    • Integrasi Produk Google ( Google Form, Google Classroom, Google Drive dll.) dalam Web Diklat
    • Pengelolaan Konten dan Peserta Diklat di Web
    • Strategi Pembelajaran Online yang Efektif

III. KOMPETENSI PESERTA

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu:

  • Kompetensi Terkait Akreditasi:
    • Memahami regulasi dan standar akreditasi rumah sakit terkini.
    • Melakukan Training Need Analysis (TNA) berbasis standar akreditasi.
    • Merancang program dan kurikulum diklat yang selaras dengan standar akreditasi.
    • Mengembangkan modul pelatihan yang efektif dan terstruktur.
    • Melaksanakan dan mengelola kegiatan diklat sesuai standar akreditasi.
    • Melakukan monitoring dan evaluasi program diklat.
    • Menyusun laporan diklat yang komprehensif dan terstandarisasi.
    • Memahami proses dan tahapan akreditasi rumah sakit.
    • Melakukan survei internal dan simulasi akreditasi.
  • Kompetensi Terkait Pengembangan Diklat:
    • Menguasai konsep dan prinsip digital learning.
    • Merancang bangun sistem diklat berbasis digital learning.
    • Mengembangkan konten pembelajaran online yang interaktif dan efektif.
    • Memanfaatkan Google Sites dan produk Google lainnya untuk pembuatan dan pengelolaan web diklat.
    • Melakukan assessment dan evaluasi pembelajaran online.
    • Menerapkan strategi pembelajaran online yang inovatif.
    • Melakukan akreditasi pelatihan.

IV. METODE PELATIHAN

  • Pemaparan materi
  • Diskusi dan studi kasus
  • Praktik langsung pengembangan web diklat
  • Project based learning

V. PESERTA

  • Tenaga Diklat RS (minimal … orang, maksimal … orang)

VI. JADWAL KEGIATAN

HariWaktuMateriMetodeNarasumber
Hari 108.00 – 08.30PembukaanSambutan, Perkenalan, Ice BreakingPanitia & Narasumber
08.30 – 10.00Kebijakan dan Standar Akreditasi RSPemaparan, DiskusiNarasumber 1
10.00 – 10.30Coffee Break
10.30 – 12.00Training Need Analysis (TNA)Pemaparan, Studi KasusNarasumber 1
12.00 – 13.00Lunch Break
13.00 – 15.00Penyusunan Program DIKLAT TahunanPemaparan, PraktikNarasumber 1
15.00 – 15.30Coffee Break
15.30 – 17.00Overview Standar Akreditasi JCIPemaparan, DiskusiNarasumber 2
Hari 208.00 – 10.00Implementasi Standar JCI di RSPemaparan, Studi KasusNarasumber 2
10.00 – 10.30Coffee Break
10.30 – 12.00Tracer Methodology dan SimulasiPemaparan, Role PlayNarasumber 2
12.00 – 13.00Lunch Break
13.00 – 15.00Pengenalan Learning Management System (LMS)Pemaparan, DiskusiNarasumber 3
15.00 – 15.30Coffee Break
15.30 – 17.00Pemanfaatan Google Sites untuk Pembuatan Web DiklatPemaparan, DemoNarasumber 3
Hari 308.00 – 10.00Praktik Pembuatan Web DiklatHands-onNarasumber 3 & Tim IT
10.00 – 10.30Coffee Break
10.30 – 12.00Integrasi Produk Google dalam Web DiklatPemaparan, PraktikNarasumber 3
12.00 – 13.00Lunch Break
13.00 – 15.00Pengelolaan Konten dan Peserta Diklat di WebPemaparan, DiskusiNarasumber 3
15.00 – 15.30Coffee Break
15.30 – 16.30Strategi Pembelajaran Online yang EfektifPemaparan, Sharing SessionNarasumber 3
16.30 – 17.00Penutup & EvaluasiPanitia & Narasumber

Ekspor ke Spreadsheet

VII. WAKTU DAN TEMPAT

  • Durasi: … hari (disesuaikan dengan materi)
  • Tempat: Ruang pelatihan di RS atau tempat lain yang kondusif

VIII. ANGGARAN BIAYA

  • Biaya dapat dihitung berdasarkan:
    • Honorarium narasumber/fasilitator
    • Sewa tempat (jika diperlukan)
    • Konsumsi peserta
    • Bahan pelatihan (modul, ATK, dll.)
    • Sertifikat
    • Biaya operasional lainnya

IX. PENUTUP

Demikian KAK pelatihan ini disusun sebagai acuan pelaksanaan kegiatan.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Assessment tool on infection prevention and control minimum requirements for tertiary health care facilities WHO/UHL/IHS/IPC/2023.5 © WHO 2023 Catatan :1...
Bab VI: Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) Gambaran Umum Tujuan program pencegahan dan pengendalian infeksi adalah untuk mengidentifikasi dan menurunkan...
Pelatihan Monitoring PPI Digital Mobile Tanggal Pelaksanaan: 27 Mei 2025 Diselenggarakan oleh IPKP Training https://youtu.be/aPVLup0jwp8